2 Bahan Seragam Kerja yang Bagus dan Murah di Tahun 2021

Gulungan kain american drill ditumpuk dengan urutan warna kuning, merah, hijau, coklat.

2 Bahan Seragam Kerja yang Bagus dan Murah di Tahun 2021

Jakarta – Memilih bahan seragam kerja dinilai sangat penting alias tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Ini dapat mempengaruhi kenyamanan serta produktivitas kerja. Bahan seragam kerja yang direkomendasikan yaitu kain drill dan oxford.

Ada beberapa perusahaan yang memperbolehkan para karyawannya untuk memakai baju bebas. Namun, ada juga perusahaan yang mewajibkan setiap karyawannya memakai baju seragam kerja formal.

Bahan Baju Seragam Kerja yang Direkomendasikan

Terdapat beberapa bahan yang bisa dipilih untuk baju seragam kerja. Masing-masing bahannya mempunyai karakteristik yang berbeda dan harus diketahui agar tidak sampai salah pilih. Selain itu, harga bahan-bahan ini cukup murah dan terjangkau.

Berikut ini adalah bahan-bahannya.

1. Kain Drill (Harga Rp21 ribu - Rp24,5 ribu)

Gulungan kain american drill ditumpuk dengan urutan warna kuning, merah, hijau, coklat.

Bahan baju seragam kerja yang sering dipilih adalah kain drill. Kain tersebut banyak diminati karena terasa nyaman saat digunakan untuk beraktivitas sehari-hari dan tidak mudah rusak.

Kain drill merupakan campuran antara bahan katun dan polyester. Kain drill mempunyai banyak nama, tergantung dari ukuran dan ketebalannya serta pabrik yang memproduksi kain ini.

Di sisi lain, kain drill dinilai cocok digunakan untuk aplikasi border karena memiliki serat yang cukup tebal dibandingkan dengan bahan lainnya.

Saat kainnya dibordir, serat kain ini tidak akan cepat mengkerut. Ada beberapa jenis kain drill, salah satunya american drill.

Jenis kain drill ini mempunyai ukuran serta dan ketebalan yang tidak kecil ataupun tidak besar (sedang). Kain american drill memiliki beberapa merek, mulai dari american victoria, american verlando, american unione, dan sebagainya.

Kain tersebut sama lembutnya dengan jenis kain drill lainnya, seperti japan drill. Namun, kainnya lebih kaku. Selain itu, kain american drill mempunyai tekstur yang lebih halus dan dapat menyerap air dengan baik.

Berdasarkan website BAMTEX, distributor textile material terbesar di Indonesia, kain american drill dibanderol mulai Rp21 ribuan per meter.

2. Kain Oxford (Harga Rp16,25 ribu - Rp21 ribu)

Gulungan kain oxford berwarna ungu, fusia, kuning, hijau kebiruan

Rekomendasi bahan selanjutnya adalah kain oxford. Kain ini mempunyai serat benang yang kecil dan lebih tipis jika dibandingkan dengan kain drill, sehingga terasa tidak panas saat digunakan.

Namun, kain oxford memiliki kekurangan, yaitu seratnya mudah mengkerut jika dibordir sehingga saat dipakai untuk membuat baju seragam kerja, akan terlihat kurang bagus. Salah satu solusinya adalah menggunakan bordir badge atau tempel.

Untuk harganya sendiri, kain oxford dijual dengan harga yang lebih murah dari kain drill. Berdasarkan website BAMTEX, kain oxford dijual mulai seharga Rp16 ribuan per meter.

Hati-hati, Ada Bahan Kain yang Berbahaya untuk Kesehatan

Ada beberapa bahan kain yang memiliki kualitas kurang baik, bahkan dapat membahayakan kesehatan kalian saat menggunakannya. Hal ini dikarenakan adanya senyawa kimia berbahaya dalam pengolahan kain-kain tersebut.

Salah satunya adalah kain akrilik. Kain tersebut mengandung senyawa kimia acrylonitrile yang dapat menyebabkan sakit kepala, mual, dan lainnya. Kain akrilik sering digunakan untuk berbagai baju, salah satunya baju seragam kerja karena mudah kering dan tidak membuat gatal sehingga nyaman saat digunakan.

Namun, tetap disarankan tidak menggunakan kain akrilik untuk baju apapun, termasuk baju seragam kerja demi kesehatan kalian.