3 Jenis Kain Dril: Bahan Japan Drill Banyak Diminati

Katalog Warna dan Jenis Kain Drill Namura Japan

Kenali 3 Jenis Kain Drill: Bahan Japan Drill Banyak Diminati

Salah satu jenis kain drill yang diminati yaitu bahan japan drill untuk baju outdoor. (Foto: BAMTEX grup)

Jakarta – Masih banyak yang belum tahu apa itu bahan kain drill. Bahan ini merupakan kain yang mempunyai tekstur pintalan diagonal dengan jalinan benang kuat. Jika dibandingkan dengan kain tenun, kain drill mempunyai jalinan benang yang lebih kuat. Kain drill memiliki beragam jenis, salah satunya bahan japan drill. Jenis kain ini banyak diminati dan digunakan untuk pakaian outdoor.

Kata drill berasal dari bahasa Jerman ‘drillich’ yang mempunyai arti tiga benang atau ulir. Kain drill dibuat dari material bervariasi; campuran polyester dan katun, serta katun murni 100%.

Kain ini mempunyai beberapa karakteristik, yakni tidak mudah kusut, cenderung berwarna khaki atau debu, serta memiliki tekstur yang cukup lembut.

Jenis-Jenis Kain Drill

Sempat disinggung sebelumnya, kain drill memiliki berbagai jenis. Selain japan drill, terdapat jenis-jenis kain drill lainnya, yakni twist atau twill drill dan american drill. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai ketiga jenis kain drill.

1. Twist/Twin Drill 

Kain drill jenis ini mempunyai serat yang paling kecil. Selain itu, kain twist/twin drill juga bersifat water repellent (tahan air). Kain tersebut sering dibuat jadi pakaian untuk beraktivitas di luar ruangan (outdoor), seperti jaket dengan zipper (resleting), jas, kemeja, dan lainnya.

Harga kain twist/twin drill berkisar Rp16 ribu hingga Rp19 ribu per meter, dilansir dari website e-commerce.

2. Japan Drill 

Kain japan drill memiliki serat yang paling tebal dibandingkan dengan jenis kain drill lainnya, sehingga sifatnya sangat kuat dan tidak mudah rusak. Dibanderol dengan harga cukup mahal, kain japan drill mempunyai konsentrasi katun yang tinggi.

Meskipun demikian, kain ini tetap terasa adem saat digunakan. Mirip seperti twist/twin drill, kain japan drill biasa digunakan untuk membuat pakaian outdoor, seperti salah satunya seragam lapangan. Kain ini dijual seharga Rp16 ribu sampai Rp30 ribuan per meter berdasarkan website e-commerce.

Terdapat berbagai merek yang memakai kain japan drill, antara lain bravada japan drill, verlando japan drill, namura japan drill, obor japan drill, avana japan drill, dan lainnya. 

3. American Drill 

Jenis kain drill terakhir adalah american drill. Kain ini mempunyai serat yang berukuran tidak kecil ataupun tidak besar alias berukuran sedang. Jika dibandingkan dengan twist drill, kain american drill mempunyai ukuran serat yang lebih besar.

Kain american drill terbuat dari bahan polyster dan katun, dimana bahan tersebut mempunyai sifat yang lembut saat dipakai. Kain ini pun cocok digunakan untuk dibuat baju seragam kerja, khususnya yang berhubungan dengan otomotif, serta seragam polisi karena bahan tersebut juga mudah menyerap keringat. Untuk harga kain american drill, bisa cek disini.