3 Keunggulan Seragam Katun Twill, Bahannya Adem!

Ada beberapa bahan kain yang bisa digunakan untuk pembuatan seragam. Salah satu kainnya yang direkomendasikan yaitu katun twill yang termasuk jenis kain drill.


Mungkin kain tersebut tidak sepopuler jenis kain drill lainnya seperti american drill. Katun twill merupakan salah satu jenis kain drill yang terbuat dari  katun, sesuai dengan namanya. Kain ini memiliki karakteristik khusus, yaitu mempunyai motif diagonal searah/sejajar di permukaannya.


Katun twill sebenarnya tidak hanya terbatas untuk seragam, tapi juga dapat digunakan untuk pembuatan celana dan jeans. 

 

Keunggulan Katun Twill

Tidak kalah dengan kain drill lain seperti american drill, japan drill, dan lainnya, katun twill punya beragam keunggulan. Berikut ini adalah keunggulan-keunggulannya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

 

Tekstur Kain Khas

Katun twill punya tekstur berbentuk miring atau diagonal yang menjadi ciri khasnya. Ada alur miring pada bahan kain ini membuat pintalan kainnya kuat sehingga tak mudah lepas.


Sebagai informasi, katun twill punya nama populer, yakni katun Cina. Katun China atau katun twill ini sebenarnya tidak murni berasal dari bahan alami kapas.


Ada bahan campuran lainnya pada kain tersebut, yaitu serat spandeks yang membuat kainnya sedikit lentur.

 

Tenunan Kain Rapat

Keunggulan kedua adalah tenunan kainnya yang rapat pada umumnya. Dengan demikian, pakaian yang menggunakan bahan kain katun twill tidak mudah kusut, bahkan tak mudah robek.

 

Menyerap Keringat

Keunggulan katun twill yang lainnya adalah dapat menyerap keringat dengan baik karena berbahan kapas. Dengan memiliki keunggulan ini, katun twilll cocok digunakan untuk pakaian di daerah beriklim tropis seperti Indonesia.

 

Bahan Adem

Katun twill tentunya berbahan katun yang membuat kain ini jadi tidak panas dan adem saat digunakan. Kain ini juga berbahan kapas yang menjamin kainnya benar-benar terasa adem dipakai.


Bagi yang tinggal di daerah tropis dan sedang mencari bahan seragam, memang katun twill disarankan untuk dipilih setelah mengetahui keunggulan-keunggulannya di atas.


Selain menyerap keringat, katun twill juga adem digunakan. Keunggulan ini tentunya dibutuhkan untuk seragam, khususnya seragam yang dipakai di daerah tropis dimana cuacanya sering terik.