3 Tips Merawat Seragam Berbahan American Drill

American drill banyak digunakan untuk pembuatan pakaian outdoor (seragam lapangan dan PDL (Pakaian Dinas Lapangan)) maupun indoor (jas kantor wanita, dll.). Ada beberapa cara merawat seragam yang menggunakan bahan american drill.

American drill merupakan kain yang terbuat dari bahan katun & polyester 65 persen serta viscose 35 persen, sehingga kain tersebut tidak mudah menyusut dan tahan lama. Ada juga american drill yang terbuat dari material katun murni 100 persen dengan karakteristik tidak panas serta teksturnya halus dan lembut.

Di Indonesia, (Sapporo) McAllan American menjadi jenis kain american drill yang banyak digunakan untuk pembuatan seragam lapangan karena dapat menyerap air yang dibutuhkan seragam tersebut.

Cara Merawat Seragam Berbahan American Drill

Bagi yang memiliki seragam berbahan american drill, sebaiknya ketahui cara-cara merawat seragamnya agar awet yang sudah kami rangkum dari berbagai sumber.

Jangan Memakai Sikat Berbulu Kasar

Hal ini untuk menghindari seragam berbahan american drill cepat rusak meski kain tersebut tahan lama. Jangan menggunakan sikat yang mempunyai bulu kasar, melainkan sikat berbulu halus untuk menghilangkan noda jika ada, sehingga tidak merusak tekstur dari kain seragamnya.

Mencuci dengan tangan atau Mesin Cuci

Ada dua cara untuk mencuci seragam berbahan american drill, yakni dengan tangan atau mesin cuci. Hal yang perlu diketahui jika mencuci seragam ini dengan mesin cuci adalah memilih mode pencucian tidak kasar alias lembut.

Ini bertujuan untuk menghindari kerusakan serat pada bahan seragamnya. Mode tersebut juga berlaku untuk mencuci dengan tangan.

Jangan Setrika dengan Suhu Terlalu Panas

Penting untuk diketahui, hindari menyetrika seragam berbahan american drill dengan suhu yang terlalu tinggi atau panas.

Meski memiliki serat tebal, kain drill tersebut tidak memiliki resistensi panas yang baik. Bahkan, kain ini bisa mudah memudar jika terlalu sering terpapar panas.

Harga Meteran Kain American Drill

Sebagai informasi tambahan, berikut ini adalah harga kain american drill per satu meter berdasarkan website BAMTEX selaku distributor textile bahan seragam terbesar di Indonesia.