4 Jenis Bahan Tekstil yang Wajib Diketahui Pebisnis

Memilih Bahan Tekstil Berdasarkan Jenis dan Sifat Kain

4 Jenis Bahan Tekstil yang Wajib Diketahui Pebisnis

Jakarta – Kalian tahu apa saja jenis-jenis bahan tekstil? Kalian mungkin hanya tahu bahan tersebut biasa digunakan untuk membuat pakaian. Bahan tekstil merupakan suatu bahan yang diolah menjadi seuntai tenun benang dan akan digunakan untuk membuat pakaian.

Bahan tekstil terdiri dari dua jenis serat, yaitu serat alami dan buatan. Nah, masing-masing serat ini terbagi lagi menjadi beberapa jenis. Apa sajakah jenisnya?

Jenis-jenis Bahan Tekstil

Bagi kalian yang ingin mendirikan bisnis tekstil, tentunya harus tahu dulu apa saja jenis-jenis bahan ini. Berikut ini adalah penjelasan lengkap mengenai jenis-jenis bahan tekstil.

Serat Alami

1. Kapas

Kapas berasal dari bahasa Sansekerta yang mempunyai arti ‘karpasa’. Karpasa didefinisikan sebagai serat halus yang membungkus biji dari tanaman kapas. Karpasa atau kapas ini menjadi salah satu bahan penting dalam industri tekstil.

 Dalam prosesnya, serat kapas dipintal menjadi benang, kemudian ditenun dan diolah jadi kain untuk membuat pakaian. Banyak orang mengenal produk tekstil ini dengan sebutan katun yang terasa lembut saat digunakan. Produk tersebut biasanya diolah menjadi baju mandi atau handuk, pakaian yang digunakan untuk musim dingin seperti jaket, dan sebagainya.

Ada beberapa merek terkenal yang menawarkan produk ini, seperti Uniqlo (baju wanita, kemeja), Zara (jaket), dan lainnya.

2. Sutera

Sutera merupakan serat yang berasal dari serat protein dan ditenun secara alami. Serat ini akan diolah menjadi produk tekstil. Mirip seperti kapas, sutera memiliki karakteristik yang licin, lembut, dan varian warna banyak.

Serat ini banyak didistribusikan di negara-negara Asia Selatan sampai Eropa. Sutera banyak digunakan untuk pakaian dalam dan gaun pesta. Harga sutera ini terbilang mahal. Jika melihat beberapa website e-commerce, harga kain tersebut mulai seharga Rp90 ribu ke atas.

Serat Buatan

1. Spandex

Serat buatan ini dikenal memiliki banyak kelebihan, seperti tahan lama, elastis, serta tidak mudah pudar warnanya. Spandex banyak dipakai untuk membuat baju renang atau baju olahraga karena sifatnya yang elastis. Selain itu, seratnya juga terasa lembut sehingga nyaman saat digunakan.

2. Nilon

Serat ini termasuk dalam keluarga polimer sintetik. Terdapat beberapa unsur yang ada di dalam nilon, yaitu karbon, oksigen, serta hidrogen. Karakteristiknya sendiri adalah tidak mudah kusam dan elastis. Serat ini banyak dipakai untuk membuat pakaian dalam, jas hujan, dan sebagainya.

Keunggulan Bahan Tekstil 

Selain keunggulan-keunggulan di atas, bahan tekstil juga mempunyai beberapa keunggulan lainnya sebagai berikut.

  • Tidak Mudah Rusak/Awet

Ini berlaku pada linen yang termasuk jenis serat alami bahan tekstil. Linen terbuat dari serat tumbuhan rami. Berbeda dengan kain lain pada umumnya, linen semakin sering dicuci dan digosok, akan semakin lembut kain tersebut. Linen adalah serat alami paling kuat yang mempunyai warna putih natural.

  • Tidak Mudah Kusut

Ini juga karakteristik yang dimiliki linen, serta nilon. Linen pun banyak digunakan untuk daster, syal, topi, hingga kain pelapis sepatu.